Kajen-Margoyoso (09/03), di tahun pelajaran 1441- 1442  H/ 2020- 2021 M. Pendidikan Diniyah Formal Ulya Tahfidh Pesantren Mathali’ul Huda Al Kautsar yang berlokasi di Jl. Polgarut Selatan desa Kajen Kec. Margoyoso kab. Pati Jawa Tengah menggelar Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional (UAPDFBN) atau yang biasa dikenal dengan istilah Imtihan Wathoni perdana sejak beroperasional mulai Tahun Pelajaran 2018- 2019 M/ 1439- 1440 H, yang diikuti oleh 34 santri, terdiri dari 19 santri putra dan 19 santri putri. Ujian Akhir PDF berstandar Nasional atau merupakan wujud ikhtiyar Kementrian Agama untuk mengukur capaian kompetensi santri dan standar penguasaan kurikulum berbasis kitab kuning yang mengacu Pada Kerangka Dasar dan Kurikulum Struktur pada Pondok Pesantren sesuai dengan amanat yang termaktub dalam Undang- Undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren dan Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 31 tahun 2020t entang Pendidikan Pesantren

Imtihan Wathoni ini berlangsung selama 3 hari terhitung mulai tanggal 08 s.d 10 Maret 2021 M/ 24 s.d 26 Rajab 1442 H, yang bertempat pada Gedung PDF Ulya Tahfidh PMH Al-Kautsar Kajen. Pelaksanaan Imtihan Wathoni ini langsung didampingi dan dipantau langsung oleh Tim dari Kemenag Pusat (dalam hal ini dikoordinatori oleh bapak Adi Agus Setiawan), yang difasilitatori oleh tim dari Kemenag Wilayah dan Kemenag kabupaten kota.

 

(dari kiri) Bapak Nurissalam (Kemenag kanwil Semarang), bapak Innama (kemenag Kab- Ko Pati), bapak Muntongin (Kemenag kanwil Semarang) , dan Pengawas Ruang Imtihan Wathoni dari Mudarris (Guru) PDF Ulya Tahfidh PMH Al Kautsar

Santri PDF Ulya Tahfidh Al Kautsar Pati merupakan para santri penghafal Al Qur’an, penyematan nama “Tahfidh” merupakan amanat langsung dari pengasuh Pesantren Mathali’ul Huda Al Kautsar beliau KH Ah. Zacky Fu’ad Abdillah yang menjadi alamamater bahwa PDF Ulya Tahfidh Al Kautsar bukan hanya penguasaan pada kurikulum PDF (kitab kuning), tapi juga pada hafalan Al Qur’an 30 Juz.

Meskipun Imtihan Wathoni ini yang perdana tapi dari pelaksana PDF Ulya Al Kautsar jauh- jauh hari telah mempersiapkan agenda momen besar ini sebagai penhujung masa pendidikan santri Pendidikan Diniyah Formal di PDF Ulya Tahfidh Al Kautsar Pati. Hal ini diungkapkan oleh Rois (kepala) PDF Tahfidh Ulya Al Kautsar Miftakhul Huda, S. Pd. “Alhamdulillah, walau perdana pelaksanaan Imtihan Wathoni ini, kami beserta staff berusaha mempersiapkan dengan sebaik- baiknya. Kami selalu berkoordinasi dengan Kemenag, baik Kemenag Kabupaten kota, Wilayah, sampai Pusat”. Disamping itu persiapan yang sifatnya intern ke santri juga dimaksimalkan dengan melaksanakan tambahan jam materi, pemadatan, tryout, dan lain- lain.

Setelah santri menyelesaikan studinya selama 3 tahun dijenjang Ulya (setara SMA) inilah saat dimana mereka membuktikan hasil jerih payah mereka dalam tarbiyah dan ta’lim (pendidikan dan pengajaran) dengan mengikuti Imtihan Wathoni, yang mana dalam Imtihan Wathoni ini para santri dituntut mengerjakan lima materi inti Imtihan Wathoni yaitu : Tafsir- Ilmu Tafsir, Bahasa Arab, Hadits- Ilmu Hadits, Nahwu- Sharf, dan Fiqih- Ushul Fiqh.

Sebelum pelaksanaan Imtihan Wathoni, dilaksanakan pembekalan untuk calon pengawas dan calon peserta Imtihan terkait teknis pelaksanaan dan tata tertib Imtihan Wathoni.

 

 

 

Rois Pendidikan Diniyah Formal Ulya Tahfidh Al Kautsar Pati, Miftakhul Huda, S.Pd. memberikan pembekalan kepada calon peserta Imtihan Wathoni di masjid Ummul Quro komplek PMH Al Kautsar.

 

Dengan dilaksanakannya Imtihan Wathoni ini maka menjadi harapan semua pihak bahwa nantinya para alumni Pendidikan Diniyah Formal, khususnya Alumni Pendidikan Diniyah Formal Ulya Tahfidh Al Kautsar Pati dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, “ya,,,dengan lulusnya mereka (para santri PDF Ulya Tahfidh Al Kautsar) dan dengan kelegalformalan Ijazah yang nantinya akan mereka dapatkan, kami berharap semoga para aliumni dapat melajutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, mungkin Ma’had Ali atau pendidikan tinggi lain. Yang pada akhirnya akan  menjadi para penebar Ilmu dan Al Qur’an dengan prinsip Romatan lil ‘alamin”. Imbuh Rois PDF Ulya Tahfidh Al Kautsar Pati Miftakhul Huda, S. Pd

 

Dengan harapan dan do’a semoga pelaksanaan Imtihan Wathoni ini berjalan dengan lancar dan penuh barokah, sehingga dapat menghasilkan alumni yang berkompetisi dalam hal ilmu dan amal “Fastabiqul Khairat” khususnya alumni Pendidikan Diniyah Formal Ulya Tahfidh PMH Al Kautsar Pati. Amin…