Dalam sambutan Khutbatul Arusy yang menandai dimulainya semua kegiatan di Peantren Mathali’ul Huda al-Kautsar dan SMK Cordova Margoyoso Pengasuh PMH KH. Ahmad Zacky Fuad Abdillah menegaskan bahwa sejatinya pesantren dan sekolah di lingkungan pesantren adalah kawah penggemblengan ilmu bagi para santri dan pelajar. Oleh karena itu sebelum memasuki lembaga-lembaga tersebut harus ditata niatnya agar hanya demi ilmu, bukan demi kepentingan lainnya.

Mencari ilmu harus mengandung kombinasi nilai-nilai ikhlash, mujahadah, khirs, sabar dan tawadlu. Hanya dengan bekal itu ilmu yang barkah dan bermanfaat insya Allah dapat dihasilkan. beserta itu pula, para santri dan pelajar harus menjaga dirinya dari perbuatan-perbuatan tercela dan dari mengkonsumsi makanan yang kurang baik.

Bagi para guru yang mengajar di pesantren dan pembaga pendidikan di lingkungan pesantren juga harus menjaga sifat-sifat positif di atas. Guru adalah pengawal para santri dan siswa dalam berlajar, maka mereka juga membekali diri dengan ilmu yang cukup dan bermujahadah dalam menyebarkan ilmu.

Acara Khutbatul Arusy dihadiri seluruh dewan asatdiz, ribuan santri dan pelajar dari PMH Al-Kautsar Kajen dan SMK Cordova Margoyoso.